bisa memberikan yang bisa bermanfaat buat teman-teman guru SMA/SMK/MA
Berikut ini Revisi KI KD Kurikulum 2013 untuk mapel Umum/Peminatan IPS/IPS/BHS
1. Bahasa Inggris Peminatan
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH
(SMA/MA)
MATA PELAJARAN
BAHASA DAN
SASTRA INGGRIS
(PEMINATAN)
KEMENTERIAN PENDIDIKAN
DAN KEBUDAYAAN
JAKARTA, 2016
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
BAHASA INGGRIS PEMINATAN SMA/MA
KELAS: X
Tujuan kurikulum
mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap
sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai
melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak
langsung (indirect teaching), yaitu
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik
mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi
Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Membedakan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk formulir isian
yang digunakan di perusahaan/bank/instansi lain, dengan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri dan informasi yang relevan, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.1 Menangkap makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam
bentuk formulir isian yang digunakan di perusahaan/bank/instansi lain,
terkait jati diri dan informasi yang relevan
|
3.2 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan pada waktu yang
akan datang, saat ini, atau waktu lampau, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan should+(simple), should+(continuous), should+(perfect))
|
4.2 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait keharusan melakukan suatu tindakan/kegiatan
pada waktu yang akan datang, saat ini, atau waktu lampau, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
3.3 Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang, dan telah dilakukan/terjadi di
waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur
kebahasaan will+(simple),
will+(continuous), will+(perfect))
|
4.3 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait tindakan/kegiatan/kejadian yang akan, sedang,
dan telah dilakukan/terjadi di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
3.4 Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan setara
antara dua benda/tindakan, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan
unsur kebahasaan both ... and; not only
... but also; either ... or; neither ... nor)
|
4.4 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi yang mengandung hubungan setara antara dua
benda/tindakan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.5 Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount lisan dan tulis dalam bentuk
biografi dengan memberi dan meminta informasi terkait tokoh terkenal, sesuai
dengan konteks penggunaannya
|
4.5 Teks recount dalam bentuk
biografi
4.5.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks recount
lisan dan tulis, dalam bentuk biografi terkait tokoh terkenal
4.5.2 Menyusun teks recount
lisan dan tulis, dalam bentuk biografi, terkait tokoh terkenal, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks
|
3.6 Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kecukupan untuk
dapat/tidak dapat melakukan/menjadi sesuatu, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan too ... to ..., ... enough to...)
|
4.6
Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait kecukupan untuk dapat/tidak dapat melakukan/menjadi
sesuatu, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.7
Membedakan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk iklan dengan
memberi dan meminta informasi terkait kegiatan (event), sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.7 Iklan kegiatan (event)
4.7.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur
teks dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk iklan kegiatan (event)
4.7.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk iklan kegiatan (event), lisan dan tulis, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks
|
3.8 Membedakan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks report
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait teknologi yang
tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas X sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.8 Teks report
4.8.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks report lisan
dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas
X
4.8.2 Menyusun teks report lisan
dan tulis, terkait teknologi yang tercakup dalam mata pelajaran lain di Kelas
X, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
secara benar dan sesuai konteks
|
3.9 Menafsirkan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk proverb
dan riddle, dengan memberi dan
meminta informasi terkait kehidupan remaja sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.9
Menangkap makna secara
kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
khusus proverb dan riddle terkait kehidupan remaja
|
3.10
Menafsirkan fungsi sosial dan
unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA
|
4.10
Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur
kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA
|
KELAS: XI
Tujuan kurikulum
mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap
sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai
melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak
langsung (indirect teaching), yaitu
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik
mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi
Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan menyarankan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu
dengan penjelasan, serta meresponsnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.1 Menyusun teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyarankan untuk
melakukan atau tidak melakukan sesuatu dengan penjelasan, dan meresponsnya
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
3.2 Menerapkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
tindakan/kegiatan/ kejadian yang sudah/telah dilakukan/terjadi dikaitkan
dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat ini, dan waktu yang akan
datang, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan past perfect, present perfect, future
perfect)
|
4.2 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait tindakan/kegiatan/ kejadian yang sudah/telah
dilakukan/terjadi dikaitkan dengan satu titik waktu di waktu lampau, saat
ini, dan waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.3 Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait rencana yang akan
datang dengan kondisi tertentu, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan if
dalam present tense)
|
4.3
Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait rencana yang akan datang dengan kondisi tertentu, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
3.4 Menafsirkan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks khusus dalam bentuk poem,
lisan dan tulis, dengan memberi dan meminta informasi terkait kehidupan
remaja, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.4
Menangkap makna secara
kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk poem terkait kehidupan remaja
|
3.5 Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis
dengan memberi dan meminta informasi terkait cerita pendek, sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
4.5. Menangkap
makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis, terkait cerita
pendek
|
3.6 Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi melalui telepon terkait
acara, tawaran, janji dan reservasi, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.6 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi melalui telepon terkait acara, tawaran, janji dan
reservasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.7
Membedakan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk brosur, leaflet, banner, dan pamflet, dengan memberi dan meminta informasi terkait
promosi barang/jasa/kegiatan sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.7 Brosur, leaflet, banner, dan pamflet
4.7.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan brosur, leaflet,
banner, dan pamflet terkait promosi
barang/jasa/kegiatan
4.7.2 Menyusun teks khusus brosur, leaflet, banner, dan pamflet terkait promosi barang/jasa/kegiatan, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks
|
3.8 Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pemberian contoh,
sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan for example, such as)
|
4.8 Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait pemberian contoh, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
3.9 Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks hortatory exposition lisan dan tulis dengan memberi dan meminta
informasi terkait pandangan/pendapat mengenai topik yang hangat dibicarakan
umum, argumentasi pendukung, serta saran, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.9 Teks
hortatory exposition
4.9.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks hortatory
exposition lisan dan tulis, terkait isu aktual
4.9.2 Menyusun teks hortatory
exposition lisan dan tulis, terkait isu aktual, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
konteks
|
3.10 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait
kehidupan remaja SMA/MA
|
4.10 Menangkap makna secara kontekstual terkait dengan fungsi sosial
dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA
|
KELAS: XII
Tujuan kurikulum
mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap
sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai
melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak
langsung (indirect teaching), yaitu
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik
mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan
sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
|
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab
akibat, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan such ... that; so ... that)
|
4.1 Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.2 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan fakta
keadaan/kejadian, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan prepositional phrase,
adjective clause: finite dan non-finite)
|
4.2 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait benda dengan pewatas berupa sifat, jenis, dan
fakta keadaan/kejadian, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.3 Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait keterangan (circumstance), sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan klausa finite atau klausa non-finite)
|
4.3 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait keterangan (circumstance),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
3.4 Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pengandaian
terjadinya/dilakukannya sesuatu yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu
lampau, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan conditional: past dan past perfect)
|
4.4 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait pengandaian terjadinya/dilakukannya sesuatu
yang tidak nyata pada saat ini dan pada waktu lampau, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
3.5 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan even if ..., unless ...,
however, on the other hand, in conbtrast, nevertheless)
|
4.5. Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait hubungan pertentangan dan kebalikan, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
3.6 Membedakan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa
teks pembahasan ilmiah (discussion)
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait pembahasan isu
kontrovesial dan aktual dari beberapa (minimal dua) sudut pandang, sesuai
dengan konteks penggunaannya
|
4.6 Teks pembahasan ilmiah (discussion)
4.6.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks pembahasan ilmiah (discussion) lisan dan tulis, terkait isu kontroversial dan aktual
4.6.2 Menyusun pembahasan ilmiah (discussion)
lisan dan tulis, terkait isu kontroversial dan aktual, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
konteks
|
3.7 Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait konsesi, sesuai
dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan even though, although)
|
4.7
Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait konsesi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.8 Membedakan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa
teks ulasan (review) lisan dan
tulis dengan memberi dan meminta penilaian terkait film/buku/cerita, sesuai
dengan konteks penggunaannya
|
4.8 Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks ulasan (review), lisan dan tulis, terkait
film/buku/cerita
|
3.9 Menafsirkan fungsi sosial dan unsur
kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA
|
4.9
Menangkap makna secara
kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar