KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH ATAS/MADRASAH ALIYAH/SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN (SMA/MA/SMK/MAK)
MATA PELAJARAN
BAHASA INGGRIS
KEMENTERIAN PENDIDIKAN
DAN KEBUDAYAAN
JAKARTA, 2016
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
BAHASA INGGRIS UMUM SMA/MA/SMK/MAK
KELAS: X
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu
(1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4)
keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu,
“Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung
(indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah,
dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi
peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap
dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi
Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan
hubungan keluarga, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan pronoun: subjective,
objective, possessive)
|
4.1 Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.2 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat dan memuji
bersayap (extended), serta
menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.2 Menyusun
teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan
tindakan memberikan ucapan selamat dan
memuji bersayap (extended), dan
menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.3 Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai
dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be going to, would like to)
|
4.3 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.4 Membedakan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah
terkenal, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.4 Teks deskriptif
4.4.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif, lisan dan tulis, pendek dan
sederhana terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal
4.4.2 Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana,
terkait tempat wisata dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
konteks
|
3.5 Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk pemberitahuan (announcement),
dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah, sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
4.5 Teks pemberitahuan (announcement)
4.5.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement)
4.5.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), lisan dan tulis, pendek
dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
3.6 Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan
kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan
simple past tense vs present perfect
tense)
|
4.6
Menyusun teks interaksi
transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian
yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan
kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.7
Membedakan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks recount
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait peristiwa
bersejarah sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.7 Teks recount – peristiwa bersejarah
4.7.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks recount
lisan dan tulis terkait peristiwa bersejarah
4.7.2 Menyusun teks recount
lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait peristiwa bersejarah, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks
|
3.8 Membedakan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait legenda rakyat, sederhana, sesuai
dengan konteks penggunaannya
|
4.8 Menangkap makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks naratif, lisan dan tulis sederhana terkait
legenda rakyat
|
3.9 Menafsirkan
fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja
SMA/MA/SMK/MAK
|
4.9
Menangkap makna terkait fungsi
sosial dan unsur kebahasaan secara kontekstual lirik lagu terkait kehidupan
remaja SMA/MA/SMK/MAK
|
KELAS: XI
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu
(1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4)
keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran
intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau
ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu,
“Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung
(indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah,
dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi
peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap
dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi
Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,
serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait saran dan tawaran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan should,
can)
|
4.1 Menyusun teks interaksi
transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
3.2 Menerapkan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan
tulis yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan pikiran, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan I
think, I suppose, in my opinion)
|
4.2 Menyusun
teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan
pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.3 Membedakan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk undangan resmi
dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.3 Teks undangan resmi
4.3.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk undangan resmi lisan dan
tulis, terkait kegiatan sekolah/tempat kerja
4.3.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk undangan resmi lisan dan tulis,
terkait kegiatan sekolah/tempat kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
3.4 Membedakan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi
analitis lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait isu
aktual, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.4 Teks eksposisi analitis
4.4.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks eksposisi
analitis lisan dan tulis, terkait isu aktual
4.4.2 Menyusun teks eksposisi
analitis tulis, terkait isu aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
3.5 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan /tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam
teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan passive voice)
|
4.5. Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam
teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.6 Membedakan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk surat pribadi
dengan memberi dan menerima informasi terkait kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya
|
4.6 Teks surat pribadi
4.6.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait
kegiatan diri sendiri dan orang sekitarnya
4.6.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan
diri sendiri dan orang sekitarnya, lisan dan tulis, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
konteks
|
3.7
Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan because of ..., due to ..., thanks to ...)
|
4.7
Menyusun teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.8 Membedakan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks explanation
lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait gejala alam atau
sosial yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas XI, sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
4.8 Menangkap makna secara kontekstual
terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks explanation lisan dan tulis, terkait
gejala alam atau sosial yang tercakup dalam mata pelajaran lain di kelas XI
|
3.9 Menafsirkan
fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja
SMA/MA/SMK/MAK
|
4.9
Menangkap makna secara
kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait
kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK
|
KELAS: XII
Tujuan
kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2)
sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut
dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan
Kompetensi Sikap Spiritual yaitu,
“Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung
(indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah,
dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi
peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap
dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan
karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi
Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan
mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan
kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan menawarkan jasa, serta menanggapinya, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan May I help you?, What can I do for you? What if ...?)
|
4.1 Menyusun teks interaksi
interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan menawarkan
jasa, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.2 Membedakan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam
bentuk surat lamaran kerja, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati
diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.2 Surat
lamaran kerja
4.2.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks khusus
dalam bentuk surat lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati
diri, latar belakang pendidikan/pengalaman kerja
4.2.2 Menyusun teks khusus surat lamaran kerja, yang memberikan
informasi antara lain jati diri, latar belakang pendidikan/pengalaman
kerja, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
3.3 Membedakan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk teks caption, dengan memberi dan meminta
informasi terkait gambar /foto /tabel/grafik/ bagan, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.3 Teks penyerta gambar (caption)
4.3.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks khusus
dalam bentuk caption terkait
gambar/foto/tabel/grafik/bagan
4.3.2 Menyusun teks khusus dalam bentuk teks caption terkait gambar/foto/tabel/grafik/bagan, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara
benar dan sesuai konteks
|
3.4 Membedakan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks news
item lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait berita
sederhana dari koran/radio/TV, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.4 Menangkap
makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks news items lisan
dan tulis, dalam bentuk berita sederhana koran/radio/TV
|
3.5 Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi
transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan if dengan imperative, can,
should)
|
4.5. Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
3.6 Membedakan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait manual penggunaan teknologi dan
kiat-kiat (tips), pendek dan
sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.6 Teks
prosedur
4.6.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks prosedur lisan dan tulis, dalam bentuk manual
terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips)
4.6.2 Menyusun teks prosedur, lisan dan tulis, dalam bentuk manual
terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
3.7
Menafsirkan fungsi sosial dan unsur
kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/SMK/MAK
|
4.7
Menangkap makna secara
kontekstual terkait fungsi sosial dan unsur kebahasaan lirik lagu terkait kehidupan remaja SMA/MA/
SMK/MAK
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar